Masalah Pokok Ekonomi

Dalam kehidupan sehari hari kita dihadapkan kepada berbagai masalah salah satunya masalah ekonomi.

Masalah ekonomi sangatlah sering kita jumpai dalam kehidupan keseharian kita. Tetapi yang sering kita jumpai adalah akibat yang tunjukan dari masalah ekonomi tersebut.

Sebenarnya masalah utama yang kita hadapi adalah :

“Bagaimana dengan alat pemuas kebutuhan yang terbatas manusia dapat memenuhikebutuhan yang banyak dan beraneka ragam.”


Manusia yang memiliki sifat tidak pernah puas akan apa yang dimilikinya harus dihadapkan dengan fakta terbatasnya alat pemuas kebutuhan. Berdasarkan pada keterbatasan pada sumber daya yang ada maka manusia harus memilih barang-barang mana yang perlu dihasilkan agar mendapatkan hasil kepuasan yang maksimum.

Hasil kepuasaan yang maksimum dalam ilmu ekonomi dikenal dalm istilah kemakmuran.

dikatakan bahwa untuk mencapai kemakmuran, kita harus melakukan kegiatan

ekonomi. Kegiatan ekonomi adalah seluruh kegiatan manusia yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Seperti yang diketahui kegiatan ekonomi dibagi 3 yaitu produksi, distribusi dan konsumsi.

produksi

 

distribusi  

 

konsumsi

 

 

dari ketiga kegiatan ekonomi diatas yang sangat berpengaruh kepada masalah pokok ekonomi yaitu : kegiatan produksi.

Ekonomi modern mengakomodasikan masalah ekonomi dalam 3 masalah pokok, yaitu barang apa yang di produksi dan berapa jumlahnya (What), bagaimana cara memproduksi (How), dan untuk siapa barang tersebut di produksi (For Whom).

  • What   (apa dan berapa ?)

Karena sumber daya terbatas, masyarakat harus memutuskan barang apa yang akan di produksi (what). Jika masyarakat menginginkan suatu barang tertentu, maka diproduksilah barang tersebut, tetapi tidak mungkin untuk memproduksi semua jenis benda pemuas kebutuhan. Setelah ditentukan apa yang akan diproduksi, kemudian diputuskan berapa jumlah barang yang harus diproduksi sehingga dapat ditentukan berapa sumber daya yang dibutuhkan untuk proses produksi.

 

  • How   (bagaimana ?)

Setelah jenis dan jumlah produksi dipilih, persoalan yang harus dipecahkan adalah: bagaimana barang tersebut diproduksi?

Biasanya masalah yang muncul adalah :

-   teknik bagaimana menghemat sumber daya untuk menghasilkan produksi yang maksimal.

-   Bagaimana mengkombinasikan faktor-faktor produksi yang ada agar berhasil dan berdaya guna.

 

  • For Whom (untuk siapa?)

Siapa yang memerlukan barang tersebut dan siapa saja yang menikmati hasilnya. Apakah barang-barang yang diproduksi tersebut akan didistribusikan menurut ukuran pendapatan, kekayaan atau kelompok tersebut di masyarakat . misalnya ada barang yang khusus untuk anak-anak, remaja, atau orang dewasa.

 

 

 

Untuk memecahkan masalah tersebut, kita mengenal empat sistem ekonomi yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan situasi kondisi dan ideologi negara yang bersangkutan, yaitu:

  • Sistem Ekonomi Tradisional

Sistem ekonomi ini merupakan sistem ekonomi yang dijalankan secara bersama untuk kepentingan bersama (demokratis). Dalam sistem ini segala barang dan jasa yang diperlukan, dipenuhi sendiri oleh masyarakat itu sendiri. Dalam sistem ekonomi tradisional, tugas pemerintah hanya terbatas memberikan perlindungan dalam bentuk pertahanan, dan menjaga ketertiban umum.

  • Sistem Ekonomi Terpusat

Pada sistem ekonomi ini, pemerintah bertindak sangat aktif, segala kebutuhan hidup termasuk keamanan dan pertahanan direncanakan oleh pemerintah secara terpusat. Kebebasan untuk melakukan kegiatan ekonomi dibatasi sehingga inisiatif perorangan tidak dapat berkembang. Pada umumnya sistem ekonomi terpusat diterapkan pada negara-negara yang menganut paham komunis.

  • Sistem Ekonomi Pasar

Pada sistem ekonomi pasar, kehidupan ekonomi diharapkan dapat berjalan bebas sesuai dengan mekanisme pasar. Siapa saja bebas memproduksi barang dan jasa, sehingga mendorong masyarakat untuk bekerja lebih giat dan efisien. Tetapi berakibat yang kuat bertambah kuat, sedang yang lemah semakin terdesak tidak berdaya. Untuk mengatasi keadaan itu pemerintah ikut campur tangan melalui peraturan perundang-undangan yang dianggap perlu.

  • Sistem Ekonomi Campuran

Dalam sistem ini sektor swasta dan pemerintah sama-sama diakui. Hal ini berarti di samping sektor swasta, terdapat pula badan perencana negara yang merencanakan arah dan perkembangan ekonomi. Sistem ekonomi campuran ini dasarnya merupakan perpaduan antara sistem ekonomi terpusat dengan sistem ekonomi pasar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: